Tips Perbaiki Komputer Mati

Kamis, 24 Desember 2009 Leave a Comment


Biasanya dan bahkan seringkali para pengguna komputer mengalami suatu masalah yaitu komputer mati dan tidak mau menyala. pada umumnya kesan pertama para pemilik komputer pasti langsung ilfil, bersikap tidak tenang atau resah dan gelisah. berfikiran kalo komputernya itu bakalan rusak berat. sabar. .kuncinya jangan panik dulu! untuk dapat mengetahui apa permasalahan pada komputer andasesuai dengan permasalahan yang dihadapi. komputer yang mati/hang sebelum masuk ke sistem operasi penyebabnya bisa bermacam-macam periksa kabel, mulai kabel yang masuk ke UPS/stabilizer, kabel power ke monitor, kabel monitor ke cpu dan kabel yang masuk ke komputer. pastikan pemasangan telah sesuai dan kencang , serta arus listriknya telah ada dan cukup.

- jika terdapat CD-ROOM/DVD ROOM dan bisa dibuka atau ditutup maka kemungkinan permasalahan    ada dikomputer cpu, mulai dari kabel power yang masuk ke motherboard atau motherboard itu sendiri cek pemasangan kabelnya.
- jika dua langkah sudah di cek, dan masih belum menyala, matikan komputer dan reset bios di motherboard.  caranya bisa diliat dibuku panduan buku motherboard, dan cari menu reset bios. Biasanya untuk mereset bios bisa dilakukan pada jumper 1(JP1). Disana ada 3 pin, yang 2 diantaranya dihubungkan dengan sebuah konektor kecil. Untuk mereset tinggal melepas dan memasang di 2 pin yang satunya, Misalnya 3 pin tersebut 1,2,3 dan pin 1 dan 2 sudah terhubung, maka untuk mereset tinggal melepas dan memasang pin di jalur 2 dan 3 atau digeser 1 jalur dan biarkan sekitar 30 detik atau lebih, kemudian kembalikan ke posisi awal yaitu di jalur pin 1 dan 2.Nyalakan komputer.
- jika bios telah direset dan masih tidak menyala, coba lepas baterai CMOS, yang ada di motherboard. Diamkan sekitar 1 menit,
 kemudian dipasang kembali dan nyalakan komputer. Jika baterai sudah cukup lama, lebih dari 3 tahun, ada baiknya diganti dengan yang baru, apalagi jika jam dikomputer sering tidak cocok.
- Jika fan processor dan VGA berputar, tetapi komputer masih belum menyala, maka kemungkinan ada yang tidak beres dengan bios motherboard atau bahkan mungkin motehernya sendiri yang rusak. Mungkin BIOS perlu di update, tetapi sebelum di update, komputer harus bisa menyala (masuk bIOS)terlebih dahulu. Untuk melakukan hal itu, coba lepas kabel hardisk, CD-ROOM. Kemudian, lepas memory komputer dan ganti di slot yang lain dan lakukan berulang ulang sampai bisa, kalau tidak bisa coba gunakan memory lain.
- Jika cpu sudah kelihatan bekerja, hardisk berputar lan lampu LED cpu berkedip - kedip tetapi monitor todak ada tampilannya, maka kemungkinan VGA card yang bermasalah. Coba ganti dengan VGA lain atau cek VGA mu dikomputer lain. catatan: deteksi kerusakan seperti diatas juga bisa dilakukan dengan mendengarkan nunyi beep pada komputer anda jika lebih dari satu kali maka periksalah petunjuk kerusakan, kuncinya deteksi dengan bunyi neep akan saya posting pada postingan yang akan datang.
- Jika dengan semua langkah diatas, komputer juga belum menyala, mungkin komputer perlu.

2 komentar »

  • Nen's; said:  

    makasih plend untuk sharing ilmunya.. ^_^

  • semutbengkok said:  

    HEHE bisa aj Nensy ne!!

  • Leave your response!

    SALAM KENAL PREND!! silahkan tinggalkan pesan disini